Instalasi Nginx pada Docker Container

906771

Selamat siang, jurnal kali ini berisi cara sederhana membuat dan menjalankan container. dimana pada jurnal ini saya akan melakukan instalasi image Nginx pada container, tetapi apabila kalian ingin menggunakan image lain monggo.

Docker WorkflowSelection_161

Sebelum kita mulai praktek ada baiknya kita simak penjelasan mengenai Docker Workflow. Jadi docker workflow adalah sebuah alur dari mana sebuah image itu berasal dan penggunaan image. Docker image adalah sebuah file system yang akan kita jalankan pada container, contohnya: Nginx, Ubuntu, Busybox, Jenkins, WordPress, dll. Kita dapat membuat (build) Docker image sendiri dengan cara membuat sebuah Docker File terlebih dahulu. Docker File adalah sebuah resep yang berisi deskripsi file, command, serta environment yang nantinya akan dibuat menjadi satu Docker Image. Untuk informasi mengenai Docker file serta pembuatannya dapat dilihat disini ( https://docs.docker.com/engine/getstarted/step_four/ ) . Docker Image tersimpan pada sebuah Docker Registry. Docker Registry disini sifatnya seperti Repository pada layanan Docker. Docker Registry menyimpan berbagai image yang bisa kita download (pull) dan bisa kita Run pada container kita. Kita dapat membuat sebuah Docker Registry pada jaringan internal kita, sehingga apabila kita ingin melakukan pull sebuah image maka kita cukup melakukan pull pada docker registry di jaringan internal kita. Selanjutnya kita dapat membuat archive dengan Docker Image, sehingga kita dapat mendistribusikan Docker Image dalam bentuk TAR. Docker Image dapat kita jalankan(Run) diatas container. Sebuah Container dapat dijadikan Sebuah Docker Image dengan cara melakukan Commit.

Oke, setelah kita paham workflow dari Docker selanjutnya kita akan mempraktikannya. Pertama-tama pastikan Docker kita sudah berjalan

systemctl status docker

atau

/etc/init.d/docker status

selanjutnya kita akan melakukan search Nginx Image pada Docker Registry

docker search Nginx

Image yang berada paling atas biasanya adalah image Official. Selanjutnya kita akan mendownload(pull) image official tersebut.

docker pull nginx:latest

pada saat kita melakukan sebuah pull ada baiknya kita masukan versi dari image yang akan kita pull dengan tambahan command :version. pada command diatas saya menggunakan :latest yang artinya saya akan mendownload versi terakhir dari nginx.
Selanjutnya kita cek apakah image nginx kita sudah terdownload atau belum

docker images

apabila sudah terdownload selanjutnya kita akan menjalankan image Nginx pada container.

docker run --privileged --name=nginx -h=nginx -di 5e69fe4b3c31 /sbin/init

Penjelasan:
–privileged digunakan untuk memberikan extended privileged pada docker container
–name digunakan untuk memberikan nama container
-h digunakan untuk memberikan hostname pada docker container
-di digunakan agar container dapat running di background, dan selalu menampilkan STDIN bila tidak di attach
5e69fe4b3c31 adalah image id yang dapat dilihat dengan perintah docker images
/sbin/init digunakan untuk menjalankan Full OS pada docker Container

Selanjutnya kita cek apakah container sudah aktif

docker ps

apabila container yang kita buat telah tersedia berarti kita telah sukses membuat container. selanjutnya apabila kita ingin masuk kedalam container nginx tersebut gunakan perintah

docker exec -ti nginx /bin/bash

Setelah masuk kita bisa melakukan konfigurasi Nginx kita ini. tetapi saran saya cek terlebih dahulu apakah Nginx kita bisa diakses dari host kita dengan cara membuka alamat container nginx kita pada browser. untuk mengetahui alamat ip dari container dapat dilakukan dengan cara masuk ke container lalu jalankan perintah ip addr kemudian lihat interface eth0 itulah alamat IP dari docker kita.

Demikian jurnal pada siang ini, selamat menunggu senja. Terimakasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s